Revolusi Industri ke-4 telah membawa perubahan dalam segi digital bagi ekonomi dan sistem sosial, yang berakibat pada pergeseran cara kita bekerja saat ini. Pesatnya perkembangan teknologi membawa perubahan dalam pola hidup manusia. Manusia dengan pekerjaannya tampak semakin lebih mudah. Bahkan telah diprediksi bahwa dua miliar pekerjaan akan hilang pada tahun 2030. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa 65% anak-anak yang saat ini sedang bersekolah akan bekerja pada sektor-sektor pekerjaan yang belum ada saat ini
Teknologi internet mobile dan komputasi awan menjadi pendorong utama perubahan teknologi, yang memungkinkan lebih efisiennya penyampaian layanan dan kesempatan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Sementara itu, kemajuan dalam kekuatan komputasi dan big dato akan menjadi faktor pendorong perubahan pada dunia kerja, saat organisasi berusaha untuk mewujudkan potensi penuh teknologi dalarn membantu memahami banyaknya data yang sangat besar jumlahnya
Hal ini jelas menunjukkan perlunya institusi pendidikan tinggi untuk membekali mahasiswa dengan keahlian yang tepat demi memenuhi tuntutan masa depan. Dampak dari transforması digital tentunya relevan dengan perguruan tinggi. Sudut pandang menarik lainnya tentang kesenjangan keterampilan saat ini adalah kurangnya keterampilan khusus
Digitalisasi era menegaskan bahwa sumber daya paling berharga di era digital ini adalah data Dengan naiknya kebutuhan akan data, permintaan akan kompetensi baru, analisis, pembelajaran virtual, kecerdasan bantuan, keamarian siber, dan lainnya akan semakin meningkat. Kemudian yang menjadi sorotan adalah apakah institusi pendidikan saat ini sudah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masa depan?
Saat kemajuan teknologi semakin pesat, salah satu permasalahan yang sulit ditemukan solusinya adalah interaksi antara manusia dengan iptek itu sendin. Manusia sebagai subjek sekaligus objek dalam pengembangan dan perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tingkat ketergantungan manusia terhadap teknologi sangat tinggi Pemanfaatan teknologi menjamur di setiap bidang kehidupan manusia, termasuk pendidikan
Digitalisasi dalam konstelası pendidikan tentunya menuntut respons balik dari pendidikan. Hal ini dimaksudkan agar pendidikan tetap menghasilkan pendidikan yang sesuai dengan tujuannya. Oleh karena itu, menjadi tugas pendidikan sekarang adalah bagaimana pendidikan itu sendiri mengelola secara cerdas pendidikannya di era digital