Hal pertama yang paling mengganggu pikiran seseorang saat hendak bertransaksi online adalah mengetahui keaslian toko. Penipuan yang sering terjadi dapat dihindari jika para calon pelanggan memiliki kebijakan dalam membeli. Sebelum melakukan pembelian, calon pelanggan sebaiknya mengadakan browsing study melalui internet. Biasanya, bila toko yang dituju itu adalah adalah toko abal-abal, toko tersebut akan memiliki sejumlah
komentar negatif, Hal tersebut harus diwaspadai oleh pelanggan. Kedua, calon pelanggan perlu memeriksa tingkat perbandingan harga di toko yang menjadi sasaran. Misalnya, sebuah produk yang sangat terkenal dijual dengan harga 50% di bawah harga resmi di pasaran. Penawaran seperti itu harus diwaspadai karena tidak mungkin harga produk yang sama 50% lebih murah. Iklan yang terdapat di toko online tersebut dapat dibuat oleh siapa saja sehingga diharapkan para pelanggan tidak tergiur.
Selanjutnya, calon pelanggan juga perlu melihat sistem pembayaran yang dilakukan oleh toko online tersebut. Toko online yang baik akan menawarkan cara pembayaran yang aman bagi pelanggannya. Toko online yang memiliki rekening bersama lebih aman daripada toko yang hanya menyediakan transfer langsung ke nomor rekening pribadi. Apalagi jika ada sistem COD (cash on delivery), pembeli dapat langsung membayar saat menerima dan mengecek langsung kondisi produk yang dibelinya.