(1) Gangguan kesulitan belajar adalah gangguan yang memcngaruhi kemampuan otak untuk menerima, memroses, menganalisa atau mcnyimpan suatu informasi. (2) Adanya masalah-masalah tersebut dapat menyebabkan seorang anak menjadi kesulitan untuk menyerap pelajaran secepat teman-temannya yang lain. (3) Gangguan kesulitan belajar menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi atau fokus pada sesuatu, atau menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk membaca, menulis, mengeja atau mengerjakan soal bahasa. (4) Dalam kajian psikolinguistik diketahui bahwa bahasabukan hanya memcngaruhi pikiran melainkan juga berfungsi meningkatkan pikiran. (5) Fungsi demikian dapat dirasakan oleh siapa saja yang ‘belajar’ mclalui jasa bahasa, baik lisan maupun tulis. (6) Selain itu tujuan utama dari kajian psikolinguistik pada dasamya untuk mencmukan struktur dan proves yang melandasi kemampuan yang dimiliki oleh manusia dalam berbicara dan memahami bahasa serta menggali apa saja yang terjadi kctika seorang penutur sedang berbahasa. (Dikutip dengan pengubahan dari web.unair.ac.id)
Apakah gagasan pokok paragraf pertama?