(1) Gangguan kesulitan belajar adalah gangguan yang mempengaruhi kemampuan otak untuk menerima, memproses, menganalisa atau menyimpan suatu informasi. (2) Adanya masalah-masalah tersebut dapat menyebabkan seorang anak menjadi kesulitan untuk menyerap pelajaran secepat teman-temannya yang lain. (3) Gangguan kesulitan belajar menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi atau fokus pada sesuatu, atau menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk membaca, menulis, meng-eja atau mengerjakan soal bahasa.
(4) Dalam kajian sikolinguistik, diketahui bahwa bahasa bukan hanya mempengaruhi pikiran melainkan juga berfungsi meningkatkan pikiran. (5) Fungsi demikian dapat dirasakan oleh siapa saja yang belajar melalui jasa bahasa, baik lisan maupun tulis. (6) Selain itu, tujuan utama dari kajian sikolinguistik pada dasarnya untuk menemukan struktur dan proves yang melandasi kemampuan yang dimiliki oleh manusia dalam berbicara dan memahami bahasa, serta menggali apa saja yang terjadi ketika seorang penutur sedang berbahasa.
(Dikutip dengan pengubahan dari web.unair.ac.id)
Apakah gagasan pokok paragraf pertama?